top of page

Tanamkan Benih Yang Baik


John C. Maxwell mengatakan bahwa sesungguhnya medan peperangan terbesar itu berada di dalam pikiran manusia. Pikiran itu sangat kuat dan dapat berkuasa mempengaruhi tingkah laku bahkan kehidupan seseorang, oleh karena itu kita harus berhati-hati dengan pikiran kita. Ada sebuah pepatah yang mengatakan, ”Menabur dalam pikiran akan menuai tindakan; menabur dalam tindakan akan menuai kebiasaan; menabur kebiasaan akan menuai karakter, dan menabur karakter akan menuai tujuan hidup.

Pikiran kita dapat diibaratkan seperti tanah, yang tidak pernah memilih dan mempedulikan jenis benih apa yang hendak kita tanam. Jika kita menabur benih jagung, tanah akan meresponsnya dengan menumbuhkan jagung. Begitu juga bila kita menabur benih padi atau mungkin lalang, bahkan rumput liar dan juga tanaman-tanaman pengganggu sekali pun, maka tanah tetap saja akan merespons dengan menumbuhkan sesuai dengan benih yang jatuh di atas tanah tersebut.

Itulah sebabnya, apa pun yang kita tanamkan dalam pikiran, entah itu hal-hal yang baik atau pun buruk, pikiran kita akan segera menerima kemudian merespons serta menumbuhkannya. Tidak peduli apakah hal itu akan berdampak positif ataupun negatif, bahkan membawa kepada keberhasilan atau sebaliknya menuju kehancuran terhadap kehidupan kita.

Hal inilah yang perlu kita sadari dalam kebiasaan kita sehari - hari, sering kali kita tanpa sadar memperkatakan hal-hal buruk tentang diri kita sendiri. Kita mungkin sering mengatakan hidupku penuh masalah, aku tidak akan berhasil, sakitku tidak akan sembuh, keluargaku hancur berantakan, aku bodoh, aku tidak punya apa-apa (miskin), masa depanku suram dan lain sebagainya. Hal-hal negatif yang kita ucapkan tanpa kita sadari itu akan direspons oleh pikiran kita dalam bentuk sikap dan tindakan, yang pada saatnya akan menghasilkan sesuatu yang sama persis seperti yang kita sudah tanam melalui perkataan - perkataan tersebut.

Sebaliknya bila yang kita tanam atau perkatakan adalah hal-hal positif untuk diri kita sendiri, seperti semangat atau rasa percaya diri, pikiran kita juga akan merespons hal itu ke dalam sikap dan tindakan kita, sehingga hidup kita akan menjadi seperti yang kita harapkan.

Benih yang kita tanam dalam pikiran menentukan hasil akhir kehidupan kita! Jenis benih yang kita tanam dalam pikiran kita pada akhirnya akan bermuara pada hasil akhir kehidupan kita. Baik atau buruk! Saat Anda sudah menyadari hal ini, maka adalah baik untuk memeriksa kembali pola pikir Anda.​ Sumber : www.Intisari-online.com | www.jawaban.com

Gambar: www.lifehack.org

Featured Posts
Recent Posts
Categories
Archieve
Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic
bottom of page